Senin, 06 Juli 2015

Whiplash Sinopsis



Assalamau’alaikum, teman-teman. Kali ini saya ingin bercerita tentang Film Whiplash, bisa juga disebut sinopsis. Menurut saya film ini cukup bagus ditonton karena banyak pelajaran yang dapat diambil darinya. Oke gak usah lama-lama, silahkan dibaca. J
Whiplash adalah film yang mengkisahkan tentang seorang Drummer muda ambisius bernama Andrew Neiman yang sedang berlajar di sekolah musik Shaffer. Andrew melakukan apa saja untuk mengapai cita-citanya menjadi Drammer Hebat.
Di awal cerita, perjalanan karir Andrew di Shaffer terkesan akan berjalan mulus. hanya butuh beberapa pekan saja ia sudah naik ke kelas musik unggulan yang dilatih oleh Terence Fletcher. Namun justru dikelas inilah perjalan Andrew mengalami fluktuatif hingga akhirnya ia dikeluarkan dari sekolah musik Shaffer karena ia berkelahi dengan Fletcher.
Fletcher sang guru musik Andrew memang seorang yang sangat keras dalam melatih murid-muridnya bahkan cenderung ekstrim. Fletcher bahkan tidak segan-segan memaki, menampar, melempar kursi jika muridnya melakukan kesalahan. Hal ini yang menyebabkan banyak muridnya merasa mendapatkan tekanan psikologis darinya, termasuk Andrew.
Setelah perkelahian antara Andrew dan Fletcher, pihak sekolah akhirnya memutuskan untuk memberhentikan mereka berdua. Andrew dikeluarkan karena telah melakukan tindakan kekerasan, sedangkan Fletcher dikeluarkan karena dianggap cara mengajarnya yang terlalu ekstrim.
Suatu ketika Andrew dan Fletcher bertemu kembali di sebuah Kafe.Kemudian mereka berdua berbincang-bincang. Setelah itu mereka pulang, dan sebelum pulang Fletcher mengajak Andrew untuk bergabung dalam grup musiknya yang akan tampil di pembukaan acara JVC. Tanpa banyak berpikir Andrew menerima ajakan Fletcher karena komposisi lagu yang dimainkan adalah lagu yang pernah dipelajari ketika di Shaffer seperti Caravan, dan Whiplash.
Ketika adegan Andrew menyiakan diri untuk tampil di acara JVC, disini para penonton film ini pasti dibuat terkejut karena ternyata ajakan Fletcher hanya untuk menjebak Andrew. Lagu yang dimainkan bukan Caravan dan Whiplash melainkan Upswinging. Akhirnya Andrew  yang tidak tahan dengan dipermalukan seperti itu kemudian pergi meninggalkan panggung. Kemudian sang ayah menghampirinya dan memeluknya sambil menenangkannya.
Entah apa yang difikirkan oleh Andrew, ia kemudian kembali lagi ke panggung dan melakukan Solo selama beberapa menit kemudian mengajak teman-teman lain untuk mengikutinya tanpa ada instruksi dari Fletcher. Ketika film terlihat akan mencapai klimaks, ternyata justru berakhir menggantung.
            Dalam film Whiplash ini setidaknya ada 3 tokoh yang menurut saya dapat kita pelajari dan kita ambil hikmahnya diantaranya yitu :
1.       Andrew Neiman
Sebagai tokoh utama di film ini, Andrew digambarkan sebagai karakter yang ambisius, ia rela berbuat apa saja demi menggapai cita-citanya. Ada beberapa scene yang menggambarkan kegigihannya diantranya ketika ia tertabrak mobil, saat hendak tampil dalam sebuah acara. Ia tetap memaksakan hadir meski harus dengan kondisi berdarah-darah. Dari tokoh Andrew kita dapat belajar bahwa, untuk mencapai sesuatu yang kita cita-citakan, maka kita harus berusaha dengan gigih.
2.      Terence Fletcher
Terence Fletcher adalah guru musik Andrew di kelas. Ia memiliki watak yang keras, ia tidak segan-segan memaki, menampar, dan melempar kursi jika muridnya melakukan kesalahan. Meski begitu, sebagai guru ia adalah orang yang disiplin, dan objektif dalam menilai. Ia menginginkan yang terbaik bagi murid-murid yang diajarnya. Fletcher pernah bercerita kepada Andrew tentang tujuannya dulu ketika menjadi pengajar di sekolah musik Shaffer.
Fletcher      :Kenyataannya, kurasa orang-orang tidak mengerti apa yang kulakukan di Shaffer. Aku kesana bukan sebagai konduktor. Semua orang bodoh pun bisa mengayunkan tangannya dan menjaga tempo. Aku ada disana untuk mendorong seseorang melampaui apa yang diperkirakan. Aku percaya kalau itu adalah suatu kebutuhan mutlak. Jika tidak, dunia bisa kehilangan Louis Armstrong berikutnya atau Charlie Parker berikutnya. Aku sudah cerita bagaimana Charlie Parker menjadi Charlie Parker kan?
Andrew       : Jo Jones melempar simbal ke kepalanya.
Fletcher      : Benar, Parker saat itu masih muda dia sangat mahir bermain saxofon.Mendapat kesempatan main di cutting session Dan dia mengacaukannya.Dan Jones hampir saja memenggal kepalanya dan dia ditertawakan seisi panggung. Dia menangis semalaman, tapi esok paginya apa yang ia lakukan? Dia berlatih. Dia berlatih dan berlatih, dengan satu tujuan di pikirannya agar tidak pernah ditertawakan lagi. Dan setahun kemudian dia kembali ke Reno. dia naik ke panggung itu lagi dan memainkan solo terbaik yang pernah dunia dengar. Dan bayangkan jika saat itu Jones mengatakan "Ya, tidak apa-apa Charlie bagus, usaha yang bagus." Kemudian Charlie berpikir : "Aku berhasil melakukan usaha yang bagus." Akhir cerita. Tidak ada karya "Bird". Bagiku itu tragedi besar. Tapi itulah yang diinginkan dunia sekarang.Orang-orang ingin tahu mengapa Jazz sekarat.Kuberitahu padamu semua album "jazz" Starbuckmembuktikan pemikiranku.Tidak ada dua kata dalam bahasa Inggris yang lebih berbahaya daripada"good job (Usaha yang bagus)".
Andrew       : Tapi apakah ada batasan?Kau mungkin berlebihan, kau bisa sajamenghentikan Charlie Parker berikutnya menjadi Charlie Parker?
Fletcher      : Tidak, Karena Charlie Parker berikutnyatidak akan pernah bisa dihentikan.
Andrew       : Ya.
Fletcher      : Kenyataannya Andrew,Aku tidak pernah menemukan Charlie Parker, tapi aku berusaha.Aku berusaha sangat keras.Lebih dari yang pernah orang lakukan dan aku tidak pernah menyesali usahaku.Baiklah, sampai jumpa.
       Percakapan tersebut membuat saya bertanya, bukankah sebagai guru seharusnya kita harusnya memotivasi murid-murid? Meski begitu apa yang dikatakan Fletcher juga tidak salah, hanya saja kapan seharusnya kita menilai mereka bagus, dan kapan kita harus menilai mereka kurang, sehinga harus ada keseimbangan antara Reward dan Punishment. karena salah satu yang harus di perhatikan adalah menjaga mental belajar dari murid-murid. Jangan sampai apa yang kita lakukan justru merubah tujuan mereka dalam belajar, misalkan dari yang awalnya belajar karena untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya menjadi belajar karena takut mendapat hukuman.
3.      Ayah Andrew Neiman
Meskit jarang nampak dalam film, ayah Andrew digambarkan sebagai orang yang memiliki peran penting dalam karir Andrew. Ia adalah orang yang selalu mendukung dan memotivasi Andrew untuk menggapai cita-citanya. 
            Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan dari Film Whiplash, semoga kita bisa mengambil hikmah dan manfaat dari setiap yang kita alami. Wassalamu’alaikum.

0 komentar:

Posting Komentar